Monday, November 8, 2010

Mengejar Mimpi

Ketika dulu saya masih kecil, sangat musim untuk memberikan album untuk diisikan kepada teman. Isi dari album tersebut adalah biodata diri kita, kata-kata mutiara dan juga foto kita, dan tidak ketinggalan cita-cita kita:) Dan umumnya yang dituliskan oleh diriku dan teman-temanku yang lain mengenai cita-cita ini adalah dokter, insinyur, pilot, guru dan bahkan presiden. Sangatlah penting bagi kita untuk memiliki impian kita sedari kita kecil. Seperti pada artikel saya yang sebelumnya yaitu Last Lecture dan Big Dream Big Success, sangat penting bagi kita untuk memiliki mimpi atau impian atau dengan bahasa yang lebih keren lagi adalah visi. Tanpa mimpi, kita tidak akan dapat menyusun strategi-strategi yang kita butuhkan untuk mencapai impian kita.

Lalu bagaimana dengan diriku? Apakah saya sudah mempunyai mimpi? Apakah saya sudah mengejar mimpi tersebut? Sayangnya saya termasuk orang yang cukup telat menyadari akan pentingnya mimpi ini, sehingga saya tidak tahu harus mengambil kuliah apa, mau bekerja apa, semuanya seakan mengalir saja dan saya baru menyadarinya beberapa tahun belakangan ini. Namun lebih baik terlambat daripada tidak menyadarinya sama sekali bukan? Seperti yang tertulis di blog ini, saya ingin jadi pribadi yang berdampak bagi orang lain, saya ingin meninggalkan jejak begitu rupa kepada orang-orang, sehingga suatu saat ketika saya menutup mata saya, saya bisa menutup mata saya dengan tersenyum bahagia, dan melihat orang-orang menangis karena kepergian saya dan saya berhasil menjadi pribadi yang berarti bagi mereka.

Banyak orang-orang luar biasa yang berhasil karena mereka memiliki impian dalam kehidupan mereka. Walt Disney contohnya yang mempunyai impian membangun taman bermain dan memiliki imajinasi yang begitu luar biasa dalam membangun Walt Disney tersebut; Randy Pausch yang merupakan dosen yang luar biasa yang telah berhasil mencampai hampir seluruh impian masa kecilnya; Marthin Luther dengan pidatonya yang luar biasa yaitu "I Have a Dream" yang akhirnya impian tersebut terwujud, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh besar lainnya yang mengawali keberhasilannya hanya dari sebuah mimpi.
Memiliki sebuah mimpi adalah langkah awal yang baik untuk boleh kita lakukan dalam kehidupan kita, namun memilikinya saja tidak cukup, kita harus mengejar impian-impian tersebut agar apa yang yang impikan itu menjadi kenyataan. Hal-hal apa saja yang harus kita lakukan dalam mengejar impian kita? Berikut adalah beberapa hal yang dapat saya bagikan dengan kalian.
  1. Selalu libatkan Tuhan dalam setiap kali kita merencanakan impian kita. Kita manusia memang dapat merencanakan segala sesuatunya, namun Dia yang memiliki kuasa untuk mengatur segala sesuatunya dan yang memberikan kita kemampuan dan kekuatan untuk dapat mencapai mimpi kita.
  2. Sediakan waktu untuk kita boleh melatih diri kita. Misal, ketika kita bermimpi untuk menjadi atlet renang yang dapat menjadi juara dunia, maka sediakanlah waktu untuk diri kalian boleh berlatih renang, melatih stamina. Jika ingin menjadi pemain piano, maka sediakanlah waktu untuk boleh berlatih piano, dengarkan musik-musik yang bisa melatih kepekaan akan musik, dan banyak lagi contoh lainnya.
  3. Korbankanlah hal-hal yang tidak penting. Masih terkait dengan tips yang kedua, kita perlu menyediakan waktu untuk melatih kemampuan kita sesuai dengan impian yang kita miliki, itu artinya mungkin kita perlu mengorbankan waktu kita. Waktu yang seharusnya kita bisa gunakan untuk bersenang-senang, beristirahat, harus kita gunakan untuk latihan. Seberapa sering kita aktif di depan laptop dan membuka facebook untuk chatting, update status, mengkomentari status teman, dan lain-lain?Seberapa sering kita asyik dengan gagdet2 dan menikmati bergosip dengan teman-teman kita. Hal itu tidak salah, namun waktu adalah hal yang berharga yang kita miliki yang tidak akan pernah dapat diputar ulang. Fokuskanlah untuk menggunakan waktu yang kalian miliki untuk hal-hal yang penting yang dapat mendukung impian kalian.
  4. Fokus dengan impian yang kalian miliki. Mempunyai impian adalah hal yang baik, namun fokus dengan apa yang menjadi impian kita adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Sama seperti pelari yang berada dalam pertandingan, pelari tersebut harus lari di dalam jalurnya dan berlari sampai ke garis finish untuk dapat menang. Demikian juga kita harus fokus dengan apa yang menjadi impian kita, jangan sebentar-sebentar mengganti impian kita yang belum terwujud hanya karena tertarik melihat apa yang sedang menjadi trend. Misalnya sekarang sedang trend penampilan breakdance, tiba-tiba kalian mempunyai impian ingin menjadi penari breakdance yang terkenal, Eh, belum tercapai impian tersebut, karena tayangan telivisi menunjukkan pemain band yang terkenal, kalian langsung mengganti impian kalian menjadi pemain band. Sangat penting untuk memiliki impian dan tetap fokus mencapai apa yang menjadi impian kalian tersebut.
  5. Yang kelima dan yang terakhir adalah JANGAN PERNAH MENYERAH ketika kalian menemui hambatan atau kegagalan dalam mencapai impian kalian tersebut. Kalian tidak akan pernah tahu kapan kalian akan mencapai impian tersebut, jangan sampai ketika kalian menyerah di langkah yang ke 99, keberhasilan untuk mencapai impian tersebut sudah ada di langkah yang ke 100.
Di akhir tulisan ini, saya ingin kembali mengingatkan, jangan takut untuk memiliki impian yang besar, berjuanglah untuk impian tersebut, dan jangan pernah menyerah dalam mencapai impian tersebut! Let's have our dream and make it to reality!


No comments:

Post a Comment